Selasa, 07 April 2015

Tugas 1 Manajemen



TUGAS 1
1.     Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis atau tingkatan manajer menurut Robbins dan Coulter (1999).
2.     Sebutkan dan Jelaskan 3 tingkatan keterampilan manajer menurut Stoner dan Hankel (1986).
3.     Mengapa kita perlu mempelajari perkembangan dan sejarah konsep manajemen ?
4.     Berdasarkan derajat kompleksitas dan ketenangan, ada 4 tekstur lingkungan menurut Emery dan Trist dalam Dadang dan Sylvana (2007). Sebutkan dan jelaskan tekstur lingkungan tersebut.
5.     Jika suatu organisasi hanya melakukan proses departementalisasi dan pembagian kerja tetapi tidak melakukan koordinasi, bagaimanakah dampaknya terhadap organisasi tersebut ? Jelaskan pendapat anda.


Jawab:
1.Jenis – Jenis manajer menurut Robbins dan Coulter (1999) dan penjelasannya.
·         Manajer lini pertama: Manajer tingkat paling rendah.  Para manajer ini sering disebut penyelia, manajer kantor, manajer departemen.
·         Manajer menengah: Mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat penyelia dan tingkat puncak.  Misalnya kepala bagian, kepala biro, manajer pabrik, manajer devisi, general manajer, dekan.
·         Manajer puncak: Manajer yang bertanggung jawab atas pengambilanKeputusan organisasi.  Misalnya presiden direktur, CEO, COO, presiden komisaris.

2.  3 tingkatan keterampilan manajer menurut Stoner dan Hankel (1986)

 Menurut Stoner dan Hankel (1986), ada 3 tingkat keterampilan manajer, yaitu keterampilan teknis, keterampilan manusiawi, dan keterampilan konseptual dengan penjelasan masing-masing sebagai berikut :
1.      Keterampilan teknis: kemampuan menggunakan alat-alat, prosedur, dan teknik suatu bidang yang khusus.
2.      Keterampilan manusiawi: Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain.
3.      Keterampilan konseptual: kemampuan mental untuk mengkoordinasi dan memadukan semua kepentingan dan kegiatan organisasi.

Bagi manajer lini pertama, bobot yang terbesar adalah keterampilan teknis diikuti keterampilan manusiawi lalu keterampilan konseptual.   Semakin ke arah manajer puncak, bobot terbesar adalah keterampilan konseptual, diikuti keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknis.

3. Mengapa kita perlu mempelajari perkembangan dan sejarah konsep manajemen?
Karena  Dalam Kegiatan dan Bahasa kita sehari – hari kerap kali menjumpai istilah manajemen. Dimana manajemen dapat  kita pahami sebagai suatu cara, atau metode yang berhubungan dengan kegiatan mengelola, mengatur, mengorganisir dan
.Mempelajari sejarah manajemen sangat bermanfaat untuk mendapatkan deskripsi tentang bagaimana manajemen itu berlangsung pada masa silam, bagaimana manajemen berkembang dengan berbagai prinsip yang diajukan para ahli manajemen, dan pada akhirnya kita mampu mendeskripsikan, menganalisis, merumuskan, mengaplikasikan konsep serta teori dalam praktik manajemen pada berbagai aspek kehidupan, sehingga dalam implentasinya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam memprediksi tindakan yang berkaitan dengan penggunaaan keterampilan manajerial.
Misalnya,

Manajemen waktu, berhubungan dengan bagaimana kita mengelola waktu yang dimiliki untuk pencapaian tujuan secara efektif dan efisien, 

Manajemen keuangan, memfokuskan  tentang cara atau metode yang kita gunakan dalam mengelola keuangan, baik alokasi terhadap biaya yang muncul maupun pendapatan yang diperoleh.Dll




4.Berdasarkan derajat kompleksitas dan ketenangan ,menurut Emery dan Trist dalam Dadang dan Sylvana (2007) ada 4 tekstur lingkungan. Yaitu :

a.Lingkungan tenang acak.
Lingkungan paling sederhana, karena perubahan secara perlahan dan bersifat acak. Misalnya toko sepatu, tas.
b. Lingkungan tenang mengelompok.
Termasuk lingkungan cukup stabil, namun lebih kompleks dibanding lingkungan sebelumnya. Misalnya industri perkayuan. Cenderung stabil, namun jika terkena dampak isu perusakan lingkungan, dapat memngganggu kelangsungan usaha perusahaan.
c. Lingkungan terganggu bereaksi.
Perubahan tidaklah bersifat acak, namun mengikuti pola tertentu. Misalnya sepeda motor Honda dengan Yamaha saling bereaksi satu sama lain dengan memunculkan produk terbaru, apabila muncul produk baru oleh merk yang satu.
d. Lingkungan kacau.
Memiliki kompleksitas tinggi, dengan perubahan sangat dinamis dan saling berkaitan. Globalisasi, dan perkembangan teknologi, berperan dalam hal ini. Misalnya industri telekomunikasi yang berkembang sangat pesat.

5.Jika suatu organisasi hanya melaksanakan proses departementalisasi dan pembagian kerja, tetapi tidak melaksanakan koordinasi, bagaimanakah dampaknya terhadap organisasi tersebut ? Jelaskan pendapat anda.
Departementalisasi adalah upaya mengelompokan aktivitas pekerjaan sehingga aktivitas-aktivitas dan hubungan yang serupa dan logis dapat diselenggarakan secara serempak. Pertimbangan manajerial yang penting dalam pembentukan departemen adalah dalam menentukan dasar-dasar pengelompokan pekerjaan.
Sementara
Kata organisasi memiliki dua pengertian umum.  Dalam pengertian pertama,organisasi (organization) terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan. Pengertian kedua yaitu tentang pengorganisasian (organizing) adalah suatu proses penyusunan strukturorganisasi atau pola hubungan anatar anggota organisasi yang sesuai dengan tujuanorganisasi,sumber daya yang dimiliki dan lingkungannya
Dan

Koordinasi adalah proses untuk meyatukan,mengkomunikasikan seluruh aktivitas dan kegiatan agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Jadi

Tanpa koordinasi, berbagai kegiatan yang dilakukan tidak akan terarah dan cenderung akan membawa kepentingan diri masing-masing bagian.
Karena tujuan dari koordinasi itu sendiri adalah:
1. Menimbulkan Perasaan untuk bekerja sama dan menjadikan koordinasi sebagai dari usaha memperlancar penyelesaian pekerjaan, bukan untuk memerintahkan atau memberi intruksi orang per orang.
2. Terdapatnya rasa saling menghargai, terutama ketika atasan memberikan pengarahan kepada karyawannya dalam rangka koordinasi.
3. Berkembangnya semangat bersaing secara sehat dengan memanfaatkan sistem koordinasi mereka masing-masing bagian untuk berlomba mencapai tujuan dengan lebih baik dan cepat.

3 komentar: